TIPS MENCEGAH TANGKI KEMASUKAN AIR PADA ALL NEW CB150R

Halo selamat datang kembali di Otowinner.com hehe… artikel ini tips ke dua gua masih untuk All New CB150R untuk tips yang sebelumnya bisa di liat DI SINI artikel sebelumnya membahas tentang tips modif All New Honda CB150R menggunakan ban gambot jangan lupa di baca juga yahh Mas brur & Mba brur hehe….

Oke tips kali ini gua akan membahas cara mencegah air masuk ke dalam tangki CB150R, akhir-akhir ini banyak kasus owner CB150R yang mengeluh atas kualitas tangki/tutup tangki CB150R yang mudah kemasukan air saat di cuci steam ataupun saat kehujanan, sebenernya gamapang untuk mengatasi itu semua… mau tau caranya… oke gua kasih tau karena berbagi itu indah hehe… untuk mempercepat waktu langsung gulir kebawah ajah.

Untuk mencegah masuknya air kedalam tangki ada berapa bagian yang harus kita cek fungsinya karena kalau salah satu part ini tidak berfungsi atau rusak/cacat maka bisa dijamin air akan masuk ke tangki bahan bakar.

(Baca juga: Kesalahan Fatal AHM Yang Lebih Memilih Mngupgrade CB150Verza ketimbang Tiger)

Part yang pertama adalah karet/seal yang ada di rumah kunci pada bagian tutup tangki bahan bakar,part ini walaupun kecil tapi sangat bermanfaat karena fungsi karet ini mencegah air masuk kedalam tangki bahan bakar lewat lubang kuci pada tutup tangki, dan usahakan penutup lubang kunci harus tertutup padasaat motor mau di cuci atau saat kehujanan, maka daridari itu sesekali cek kedua part ini.

seal/karet pada rumah kunci tutup tangki
 seal/karet pada rumah kunci tutup tangki

 

Part/bagian selanjutnya mungkin para owner CB150R ada yang belum tau.. apa hayoo…
Part/bagian selanjutnya adalah lubang saluran pembuanggan air yang terhubung dengan selang karet yang berada di bawah tangki bahan bakar, ujung selang tersebut berada di sebelah standar samping.

 lubang saluran pembuanggan air / bbm
                           lubang saluran pembuanggan air / bbm

sebenernya ada dua fungsi dari lobang dan selang tersbut.
fungsi yang pertama adalah untuk membuang air yang masuk dari sela-sela tutup tangki bahan bakar.
fungsi yang kedua itu untuk membuang bahan bakar saat bahan bakar yang ada di dalam tangki terlalu banyak/kepenuhan, jadi jangan bingung bin bimbang saat ada selang yang keluar bensin sesudah mengisi bahan bakar(biasanya keluar pada saat distandar samping,jadi si cebong jangan di standar samping kalo abis isi bensin full usahakan pake standar dua ajah.)
part/bagian ini juga harus seringg di cek karena jalur selang karetny yang meliuk-liuk yang di hawatirkan ada kotoran atau selng terjepit ysng membuat selang mampet alhasil air yg seharusnya terbuang malah tergenang di dalam rongga tutup tangki yang akhirnya masuk kedalam tangki bahan bakar.

                           saluran dibawah tangki
                                    selang pembuangan

Untuk mengecek saluran pembuangan caranya bisa menuangkan bensin (jangan pakai air beresiko masuk kedalam tangki) dari lobang kecil yg berada di samping lubang utama pada tangki bahan bakar.

Note: jika bensin mengalir masuk ke selang dan keluar dari bawah berarti lancar tetapi jika nggak keluar, perlu ada perbaikan terindikasi ada kotoran/terjepit sehingga menyebabkan mampet

oke mungkin hanya itu saja yang bisa saya sampaikan untuk tips kali ini, pantengin terus Otowinner.com agar mendaapat updatean tips lain…  Terima kasih sampai ketemu di tips & trik selanjutnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*