PENYEBAB RANGKA CB150R RAWAN PATAH

Akhir-akhir ini banyak terjadi kasus patahnya rangka / frame dari Honda CB150R, sungguh ironi memang.. sesosok motor sport naked yang notabenenya diperuntukan untuk kecepatan tinggi tapi rangkanya rawan patah, tentunya kejadian ini menjadi momok yang sangat menakutkan bagi para ownernya.

frame CB150R yang patah

Bagai mana tidak..? bayangkan saja jika kita sedang berkendara dengan kecepatan tinggi terus seandainya dengan tidak sengaja menghantam lobang lalu rangka mengalami patah tentunya ini sangat berbahaya bagi nyawa kita sebagai pengendara.

Ternyata penyebab dari semua itu ada di zona X yang terdapat di bagian tengah rangka.

comment om Sena Ponda

 

“Disitu terlihat ada pertemuan 3 (tiga) pipa yang membentuk huruf X dan itu sangat rawan patah karena disitulah letak COP (Centrl Of Preassure) dan ada 3(tiga) sumbu gaya yang bekerja (XYZ)” ujar Om Sena Ponda Enginer Kawakan pada salah satu Comment nya di group CB150R.

Bukan hanya itu penyebab patahnya rangka CB150R, ternyata dari engine mounting pun ikut andil dalam masalah ini, lebih tepatnya di bagian baut engine mounting yang kendor, baut engine mounting yang kendor bisa mengurangi kekuatan rangka itu sendiri karena sifat dari rangka tralis yaiyu saling memperkuat satu sama lain, jadi kalau ada salah satu yang kendor / lemah pasti akan tumbang.

Jadi intinya kita harus sering mengecek kondisi kendaraan kita agar selalu  nyaman dipakai dan enak dipandang, di postingan berikutnya saya akan kasi tips & trik mencegah rangka patah untuk CB150R, Sampai jumpa lagi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*