Alasan Air Induction System (AIS) Disumbat Demi Performa Mesin

Alasan Air Induction System (AIS) Disumbat Demi Performa Mesin

Alasan Air Induction System (AIS) Disumbat Demi Performa Mesin

otowinner.com – Salam sejahtrea kami ucapkan untuk teman-teman sekalian, sebelumnya ada yang pernah dengar kata-kata Air Induction System (AIS) ?…

AIS adalah sebuah teknologi yang dipakai oleh pabrikan motor Yamaha yang fungsinya untuk mengurangi kadar emisi gas buang dengan cara memasukan udara segar kejalur gas buang.

Teknologi ini biasa dikenal oleh bengkel dengan sebutan sistem Secondary Air Supply System (SASS).

Air Induction System (AIS) ini kerap kali sering jadi sasaran si mekanik ketika ingin mendongkrak performa motor dengan cara menyumbatnya.

Kembali lagi ke fungsi utama AIS adalah salah satu komponen yang dibuat produsen agar motor buatannya bisa lolos uji emisi EURO2 atau EURO3 di mesin motor berkarburator dulu.

Jadi bisa kita simpulkan AIS itu hanya akal-akalan produsen motor agar produknya bisa lolos uji emisi yang seakan-akan emisi yang dihasilkan oleh motor tersebut rendah padahal sebelum gas buang keluar dari kenalpot sudah tercampur dengan udara segar jadi emisi yang terbaca menjadi rendah.

Biasanya ada tiga selang yang menyuplai udara bersih untuk AIS yaitu Slang pertama dari filter udara, slang kedua dari manifold karbu dan yang ketiga masuk menuju saluran buang di silinder head.

Mekanik seringkali menyumbat selang AIS dengan baut atau bola bajayang terdapat pada komstir jika tidak ada komponen tersebut alternatifnya bisa menggunakan apasaja yang penting bisa menyumbat lubang AIS, dengan begitu konon katanya bisa menaikan performa mesin dan kenalpot tidak nembak-nembak.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*